Tren Kaos Dari Masa ke Masa

Jika Anda sekilas saja mengamati perkembangan peradaban umat manusia lewat sejarah, Anda tentu akan menyadari bagaimana pesatnya perkembangan tren dan fashion menyebar di masyarakat. Tren busana masyarakat khususnya di era modern ini bisa cukup drastis berubah dalam hitungan tahun.

Seperti judulnya, pada ulasan kali ini kami akan terfokus pada  kaos. Kaos merupakan pakaian paling populer di dunia ini dikarenakan pakaian ini dikenakan semua golongan usia, baik pria maupun wanita dan umumnya orang memakai pakaian ini minimal seminggu sekali.

Karena itu menarik untuk mengetahui sejarah kaos itu sendiri karena kaos merupakan pakaian yang bisa dibilang paling sering kita kenakan dibanding jenis pakaian lain. Berikut rangkuman infonya.

Sejarah Singkat Kaos

Gambar: Marlon Brando – shortlist.com

Kaos oblong pada awalnya digunakan sebagai pakaian tentara Inggris dan Amerika pada abad ke 19 sampai awal abad ke 20. Asal muasal nama inggrisnya, T-shirt, tidak diketahui secara pasti. Teori yang paling umum diterima adalah nama T-shirt berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf “T”, atau dikarenakan pasukan militer sering menggunakan pakaian jenis ini sebagai “training shirt“

Masyarakat umum pada saat itu belum mengenal penggunakan kaos atau T-Shirt dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, para tentara yang menggunakan kaos oblong ini pun hanya menggunakannya ketika udara panas atau aktivitas-aktivitas yang tidak menggunakan seragam. Ketika itu warna dan model kaos oblong tidak bervariasi seperti sekarang, warnaya umumnya putih dan abu dan kerah kaos nya O-neck.

Kaos atau menjadi populer dikalangan masyarakat ketika digunakan oleh  Marlon Brando pada tahun 1947, yaitu ketika ia memerankan tokoh Stanley Kowalsky dalam pentas teater dengan lakon “A Street Named Desire” karya Tenesse William di Broadway, AS.

Kaos pun mulai masuk ke Indonesia pada tahun 70an dan mulai menjadi tren bagi anak muda, dan pada tahun 80an dunia kaos mulai diramaikan dan dikuasai oleh berbagai industri kreatif terutama dari 3 kota besar yaitu Bandung, Yogyakarta dan Bali.

Perkembangan Tren Kaos di Indonesia

Gambar: mobildanmotorbekas.blogspot.com

Pada tahun 1970, kaos menjadi sangat populer di dunia bahkan sampai ke Indonesia, kaos sendiri sudah masuk ke jajaran sandang dan menjadi bagian pakaian sehari-sehari. Di tahun ini kaos menjadi sangat bebas bahkan dikatakan juga sebagai simbol kebebasan, banyak industri kaos luar negeri mulai mengkreasikan kaos-kaos mereka, dan di tahun 70an tren kaos ketat adalah favorit semua orang.

Para anak muda biasanya menggunakan kaos ketat yang di padukan dengan celana pendek ketat atau dengan celana komprang atau disebut juga “cutbray”. Kaos-kaos dengan model tanpa lengan juga sudah ramai digunakan oleh laki-laki sebagai kostum disco mereka.

Memasuki tahun 1980, kaos sudah menjadi pakaian wajib bagi anak muda, yang ditandai mulai berkembangnya industri kreatif yang serius membangun bisnis kaos. 3 kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Yogyakarta dan Bali memulai industri kaos ini, beberapa brand mulai bermunculan dan menjadi terkenal, dikenal karena desain kaosnya yang unik.

Selain itu pasar Indonesia juga mulai diramaikan oleh merek-merek kaos yang ada di Supermarket dan merek luar negeri. Tapi yang pasti di tahun ini kaos-kaos dengan model yang “normal” tidak terlalu ketat atau tidak terlalu longgar yang menjadi tren.

Tahun 1990, kaos-kaos dengan model oversized banyak digunakan oleh para perempuan yang dipadukan dengan celana gombrong atau celana pendek.

Memasuki era millennium banyak sekali model kaos bermunculan baik dengan model baru atau memunculkan kembali tren-tren lama dari tahun 70an atau 90an. Seperti beberapa tahun kebelakang sekitar tahun 2014-2015 kaos dengan model pendek atau croptee atau crop top sempat sangat hits dikalangan anak muda.

Sedangkan di tahun 2016 juga model kaos oversized kembali banyak digunakan oleh kalangan artis-artis luar maupun dalam negeri seperti pada tahun 90an. Dan yang sampai saat ini sangat menjamur adalah tren kaos dengan desain yang unik atau kaos dengan typography juga kaos dengan berbagai macam motif.

Itu dia beberapa jenis kaos yang pernah ngetren pada zamannya dan kembali menjadi tren di beberapa tahun terakhir ini, meskipun sekarang sudah banyak juga model-model kaos terbaru yang juga menjadi favorit semua orang. Sekian ulasan dari kami semoga mampu menambah wawasan Anda.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/tren-kaos-masa-masa/

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *