Tips Mencerahkan Kaos yang Kusam dan Lusuh

Gambar: hellomagazine.com

Seberapa sering Anda memakai kaos? Biasanya sangat sering, bukan? Bisa dibilang kaos umumnya orang memakai kaos setidaknya sekali seminggu karena memang sifat kaos yang cocok dipadu padankan dengan pakaian lain.

Dengan seringnya kita memakai kaos tentu kaos lebih rentan untuk menjadi kusam dan lusuh karena terlalu sering dicuci dengan cara yang kurang tepat. Berikut kami ulas beberapa tips perawatan kaos agar kaos Anda lebih awet dan terlihat bagus.

Kebiasaan yang Membuat Kaos Cepat Kusam dan Lusuh

1. Tidak memperhatikan label instruksi perawatan baju

Gambar: coinmeter.com

Pada saat membeli kaos terdapat label instruksi perawatan baju atau kaos tersebut yang jarang diperhatikan. Padahal instruksi pada label tersebut sangatlah penting karena bisa membantu Anda untuk merawat kaos Anda agar tetap awet meskipun sudah lama Anda gunakan

Pada bagian label petunjuk perawatan kaos, terdapat berbagai macam instruksi untuk pencucian dan perawatan seperti apakah boleh menggunakan pemutih, menggunakan proses pencucian dry-clean, ketika akan di setrika berapa maksimal suhu nya, dan lain-lain.

2. Mencuci dengan cara yang kurang tepat

Pada saat mencuci pun bisa jadi Anda melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang berakibat besar pada kaos Anda. Perlu Anda ketahui beberapa pakaian tidak selalu baik atau aman bila dicuci menggunakan mesin cuci.

Seperti kaos, sebaiknya untuk mencuci kaos kami menyarankan untuk tidak menggunakan mesin cuci karena kaos akan cepat rusak, lusuh dan beberapa bagian menjadi rusak seperti bagian leher kaos menjadi cepat lusuh, gambar sablonan pun akan cepat rusak.

Untuk pencucian kaos kami lebih menyarankan dikucek atau pencucian manual menggunakan tangan. Dan kami juga menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan pengering pakaian setelah kaos Anda dicuci. Lebih baik setelah pakaian atau kaos Anda cuci langsung Anda jemur di bawah sinar matahari.

3. Menggabung berbagai jenis baju

Kebiasaan ini sering mengakibatkan kaos menjadi rusak terutama kaos berwarna putih menjadi berwarna karena terkena pakaian warna yang luntur. Sebaiknya, pisahkan cucian Anda sebelum merendam pakaian sebelum dicuci. Sortir menjadi tiga bagian, pakaian berwarna, gelap dan putih.

Selain 3 kebiasaan di atas, kami sarankan juga untuk tidak terlalu lama menyimpan kaos di lemari ya, jangan sampai kaos Anda berubah warna karena kotor oleh debu dan menjadi bau apek.

Cara mudah untuk mencegah kaos Anda menjadi kusam dan pudar

Kaos yang baru saja Anda beli ingin Anda cuci terlebih dahulu sebelum digunakan, ikuti langkah-langkah berikut ini agar kaos Anda tetap cemerlang warnanya dan anti kusam

  • Ikuti instruksi pada label perawatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan meremehkan berbagai instruksi yang ada pada label baju Anda. ikuti dengan seksama ya instruksi yang tertera pada label kaos Anda, karena dengan mengikuti instruksi pada label, baju Anda tidak akan mudah kusam dan lusuh.

  • Jangan rendam dan jemur kaos terlalu lama

Beberapa orang berpikiran jika merendam baju dengan waktu yang cukup lama akan membuat baju / kaos menjadi lebih bersih dan noda akan hilang.

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah warna baju menjadi pudar dan kusam juga jika terdapat sablonan pada kaos Anda juga akan cepat mengelupas. Rendam baju jangan lebih dari 1 jam ya agar baju tetap aman.

Begitu juga dengan menjemur, ketika baju di jemur pun jangan terlalu lama, perhatikan durasi menjemur pakaian Anda. apalagi jika Anda menjemur pakaian benar-benar di bawah sinar matahari yang terik.

  • Jemur kaos dalam posisi terbalik dan hindari penggunaan Hanger

Perhatikan juga posisi baju Anda saat dijemur, jangan lupa untuk selalu menjemur baju / kaos dalam posisi terbalik, biarkan bagian dalam kaos yang terpapar sinar matahari agar baju Anda warnanya tidak pudar dan kusam. Dan usahakan untuk tidak menggunakan hanger pada saat menjemur agar bagian leher kaos tidak rusak

  • Gunakan Detergen Khusus dan Pelembut Pakaian

Gambar: kao.com

                 

Anda juga bisa mencoba gunakan detergen yang memang dikhususkan untuk menjaga warna pakaian yang memang sudah mengandung formula khusus untuk mengikat warna supaya tidak mudah luntur.

  • Jangan gunakan pemutih (Bleach)

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak menggunakan pemutih atau minimal mengurangi penggunaannya. Hal ini dikarenakan pemutih akan dapat melemahkan serat kain dalam jangka panjang, yang akan mengakibatkan warna pakaian cepat pudar dan kusam.

Gambar: advancedspecialty.com

Tips Mencerahkan dan Mengembalikan Warna Kaos Yang Kusam

Jika saat ini baju Anda sudah terlanjur pudar dan kusam  warnanya, coba beberapa tips ini agar mengembalikan warna baju Anda menjadi lebih cemerlang.

  • Gunakan lemon atau citrun

Cara yang cukup ampuh untuk mengembalikan warna baju yang pudar adalah dengan menggunakan buah lemon. Buah Lemon mempunyai kandungan vitamin C yang besar dan memiliki fungsi yang serupa dengan citrun.

Gosokkan lemon pada saat mencuci baju supaya warnanya yang pudar akan kembali menjadi cerah seperti semula. Untuk citrun Anda bisa juga melarutkan citrun dengan air lalu rendam kaos Anda. menggunakan larutan citrun juga sangat bagus untuk memutihkan baju.

  • Gunakan Cuka atau Baking Soda

Menggunakan baking soda untuk mencerahkan kaos Anda yang kusam bisa menjadi salah satu cara juga. Cukup gunakan sekitar 1 cangkir baking soda untuk 4 liter air lalu rendam kaos selama beberapa menit saja, cuci lalu bilas seperti biasa.

  • Gunakan Kopi Untuk Kaos Warna Hitam

Jika kaos hitam Anda yang bermasalah, Anda bisa juga menggunakan kopi pada saat akan membilas kaos. Ingat gunakan kopi ini hanya untuk kaos berwarna hitam saja ya, jangan gunakan untuk warna lain.

Cukup siapkan sekitar 2 cangkir kopi dengan ukuran yang cukup besar, pastikan sudah tidak ada ampas pada kopinya, lalu tuangkan pada cucian kaos yang akan di bilas, rendam sebentar lalu bilas sampai bersih.

  • Gunakan garam

Garam juga tidak hanya bisa digunakan untuk masakan saja, garam bisa membantu Anda mengembalikan warna kaos Anda menjadi cerah lagi. Hanya gunakan garam beryodium ya, jangan garam biasa, karena senyawa yodium bisa membantu mengikat warna dan mengembalikan kecerahan warnanya seperti sedia kala.

 Campurkan garam yodium ke rendaman pakaian Anda dan pastikan garam tersebut tercampur merata atau larut pada air rendaman pakaian Anda

  • Gunakan Wantek Untuk Mengembalikan Warna

Ini adalah cara terakhir jika beberapa langkah di atas masih belum mengembalikan warna baju Anda. bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Wantek, pastikan warna yang Anda gunakan sesuai dengan kaos yang Anda mau celup ya. Bagaimana cara melakukan pencelupan menggunakan wantek?

  • Dalam panci besar, rebus 3 liter air untuk setiap potong kaos dan 1 bungkus wantek. Untuk baju berbahan denim, gandakan takarannya.
  • Masukkan kaos ke dalam panci dan aduk-aduk selama 15 menit.
  • Matikan api, teruslah membolak-balikkan kaos hingga air dingin.
  • Bilas kaos 5-6 kali hingga tidak ada lagi wantek tersisa.
  • Jemur di tempat teduh.

Itu dia beberapa cara agar baju / kaos Anda bisa kembali warna nya dan tidak kusam lagi. Tetapi pastikan juga ya ketika membeli kaos, bahan kaos yang Anda pilih bukan bahan kaos murahan. Bahan kaos pun bisa menjadi salah satu faktor kaos Anda cepat kusam.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/tips-mencerahkan-kaos-kusam-dan-lusuh/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *