Tingkat Kualitas Kain Cotton

Kain cotton merupakan kain yang paling populer untuk dijadikan kaos. Seperti kita tahu ada beberapa varian bahan cotton yang tersedia di pasaran dengan kualitas, harga dan karakteristik yang berbeda.

Untuk bahan kaos kualitas standar kita bisa menggunakan cotton combed & cotton carded. Sedangkan untuk kualitas premium tersedia bahan cotton supima, cotton bamboo, dll.

Pada ulasan kami kali ini, kami akan membandingkan tiga jenis kain katun dengan tingkat kualitas berbeda, yaitu cotton combed, cotton carded dan cotton supima. Silahkan simak ulasan mengenai karakteristik tiap kain berikut.

1. Cotton Carded

Gambar: medium.com

Cotton carded terbuat dari 100% serat katun atau kapas. Nama carded berasal dari salah satu proses pembuatannya yaitu carding. Untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding.

Meskipun sama-sama terbuat dari 100% cotton, cotton combed dan cotton carded memiliki kualitas yang berbeda. Kain cotton carded sedikit lebih berbulu juga masih memiliki biji-biji kapas sehingga membuat kain cotton carded cenderung kasar dan tidak rata karena hanya melalui proses carding dan tidak sampai pada proses combing seperti cotton combed, sehingga kualitasnya berada di bawah kain Cotton Combed.

2. Cotton Combed

Tentu kita sudah familiar dengan katun combed, bukan? Cotton combed sudah menjadi bahan standar industri pembuatan kaos distro saat ini, jadi kualitasnya sebagai bahan kaos tak perlu diragukan lagi.

Cotton Combed adalah jenis kain yang memiliki komposisi 100% cotton atau kapas. Untuk mendapatkan benang combed, kapas diolah melalui proses combing atau disisir menggunakan mesin combing. Karena proses pembuatan benangnya disisir, maka hasil benang yang didapatkan menjadi lebih lembut. Dan kain yang didapatkan lebih halus dan dan rata dibanding cotton carded.

Kain Combed juga memiliki struktur benang yang lebih rata, lebih tidak berbulu dan berbiji sehingga kualitas nya sangat baik. Katun combed pada umumnya memiliki tiga jenis gramasi (ketebalan): 20s, 24s, 30s dimana 30s merupakan yang paling tipis dan 20s yang paling tebal.

3. US Pima Cotton

Gambar: ecobutterfly.com

US Pima Cotton adalah kain yang dibuat dari 100% serat cotton yang sangat langka, dengan total panen nya hanya 1% dari seluruh produksi kapas dunia. Kain yang diproduksi dari kapas Amerika ini mempunyai serat kain terpanjang dengan 3 keunggulannya yaitu sebagai kain dengan serat yang lebih kuat, kain yang lebih lembut dan kain yang menyerap warna lebih baik sehingga kain lebih terlihat cerah.

Harga dari kain US Pima Cotton ini terbilang paling mahal dibandingkan dengan kain berbahan full cotton lainnya, tidak heran jika harga kainnya mahal, karena sudah terbukti dengan kualitasnya yang sangat baik.

Kain Supima juga sudah digunakan oleh banyak brand terkenal, dan bisa disimpulkan bahwa kain US Pima Cotton merupakan kain dengan kualitas tertinggi diantara kain-kain berbahan cotton lainnya seperti Cotton Carded dan Cotton Combed.

Itulah ketiga jenis kain cotton dengan tingkat kualitas berbeda yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli maupun membuat kaos. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/tingkat-kualitas-kain-cotton/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *