5 Perbedaan Cotton Combed VS Cotton Carded yang Wajib Anda ketahui

Gambar: medium.com

Saat anda ingin membeli ataupun membuat kaos standar, tentu bahan yang pertama terpikir dan direkomendasikan adalah bahan cotton combed. Saat ini katun combed memang menjadi bahan standar kaos pada umumnya.

Namun bila anda menginginkan bahan katun alternatif dari katun combed dengan kualitas yang tidak begitu jauh berbeda, anda bisa memakai katun carded. Katun karded dan combed sama-sama dibuat dari serat katun, yang membedakannya adalah proses pembuatan dan kelembutannya. Berikut kami paparkan penjelasan lebih detail mengenai perbedaan katun combed dan katun carded.

Cotton Combed

Cotton Combed adalah jenis kain yang menggunakan benang combed dan komposisi nya 100% cotton atau kapas. Untuk mendapatkan benang combed, kapas diolah melalui proses comb atau disisir menggunakan mesin combing. Karena proses pembuatan benangnya disisir atau comb, maka hasil benang yang didapatkan menjadi lebih lembut. Dan kain yang didapatkan lebih halus dan dan rata.

Kain Combed juga memiliki struktur benang yang lebih rata, lebih tidak berbulu dan berbiji sehingga kualitas nya sangat baik. Nama Combed sendiri diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu Mesin Combing. Di Indonesia sendiri Kain Combed sering disebut Combad karena pengejaan nya yang hampir sama, tapi pengejaan yang benar adalah Combed.

Katun combed pada umumnya memiliki tiga jenis gramasi (ketebalan): 20s, 24s, 30s, berikut daftarnya:

  • Cotton Combed 20s

Bahan Cotton Combed 20s merupakan bahan kaos 100% serat cotton dengan ketebalan 20s (single knit) dan gramasi nya adalah 190-200gsm, 20s adalah tingkat keteblan kain yang paling tebal.

  • Cotton Combed 24s

Sedangkan Bahan Cotton Combed 24s merupakan bahan kaos 100% serat cotton dengan ketebalan yang sedang atau 24s dan gramasi nya adalah 175-185gsm, kain ini merupakan kain single knitt.

  • Cotton Combed 30s

Bahan Cotton Combed 30s adalah bahan kaos yang paling banyak dicari oleh orang banyak terutama para pengrajin kaos atau produsen kaos, karena banyak yang mengatakan bahwa kain Combed 30s adalah kain untuk kaos standar distro. Ketebalannya adalah 30s dan lebih tipis dibandingkan dengan Combed 24s atau Combed 20s. Gramasi nya adalah 140-150gsm dan merupakan single knit

Cotton Carded

Cotton Carded adalah jenis kain yang menggunakan benang carded dan komposisi nya pun sama yaitu 100% cotton atau kapas. Berbeda dengan Combed, untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding. Pengambilan nama Carded pun sama-sama diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu mesin Carding.

 Hasil kain yang menggunakan benang carded berbeda dengan combed, perbedaan nya adalah kain cenderung lebih kasar, memiliki bintik putih, cenderung lebih berbulu dan berbiji. Dari segi kualitas, memang kain Carded dibawah kain Combed akan tetapi harga nya lebih murah.

 

 

Perbedaan Kain Cotton Combed dan Kain Cotton Carded

Gambar: mytokokaos.blogspot.com

Setelah Anda mengetahui penjelasan dari masing-masing kain, sekarang saatnya Anda mengetahui 5 perbedaannya sebelum memilih kedua bahan Cotton ini. Berikut perbedaannya:

1. Perbedaan Kualitas

Kualitas Bahan Cotton Combed

Bahan Cotton Combed mempunyai kualitas yang lebih baik daripada bahan carded sebenarnya, mengapa? Proses pembuatan kainnya yang menjadikan bahan Combed lebih baik kualitasnya, seperti yang sudah kami jelaskan untuk mendapatkan kain Combed serat cotton melalui beberapa proses salah satunya di sisir atau (combed) pada mesin combing dan melalui proses tersebut kain yang dihasilkan menjadi lebih lembut, halus, tidak ada biji kapas dan pastinya lebih nyaman saat digunakan.

Kualitas Bahan Carded

Kain dengan kualitas menengah dengan harga yang lebih terjangkau yang juga menggunakan bahan 100% serat cotton. Namun perlu diakui kualitas dari bahan carded tidak lebih bagus dibandingkan dengan bahan cotton combed, karena proses pembuatan kain carded hanya sampai di tahap di garuk atau carding pada mesin carding.

Hasilnya bisa Anda rasakan sendiri, kainnya tidak terlalu lembut seperti Combed malah cenderung lebih kasar, masih meninggalkan biji dan menjadi sedikit lebih berbulu.

2. Perbedaan Kerataan Benang

Kerataan benang yang dimiliki bahan Cotton Combed lebih baik dibandingkan dengan bahan Carded. Kerataan benangnya akan lebih jelas jika dilihat di bawah sinar matahari.

Faktor yang membuat kain combed lebih rata adalah proses pembuatannya bahan Cotton Combed sudah melalui proses penyisiran pada saat pembuatannya, ini yang membuat kain Combed lebih rata daripada bahan carded yang hanya melalui proses penggarukkan saja.

3. Perbedaan Tekstur Kain

Tekstur Bahan Cotton Combed

Tekstur bahan Combed jelas lebih lembut dan halus yang memberikan efek adem dan nyaman saat digunakan. Banyak produsen kaos lebih memilih bahan kaos Combed sebagai bahan baku untuk kaosnya, karena kualitasnya lebih baik.

Banyak yang mengatakan bahwa bahan Cotton Combed adalah bahan standar distro. Kebanyakan orang menggunakan bahan Cotton Combed dengan jenis ketebalan 30s untuk kaos oblong atau kaos polos, tetapi bisa juga digunakan untuk bahan kaos anak.

Tektstur Bahan Carded

Tekstur bahan Carded itu cukup kasar sebenarnya, jadi bisa dikatakan kualitas teksturnya tidak lebih bagus daripada bahan Cotton Combed. Pada permukaan kainnya terdapat bintik-bintik putih yang berasal dari biji kapasnya, yang menyebabkan kain Carded agak sedikit kasar.

4. Perbedaan Kemampuan Menyerap Keringat

Bahan Cotton Combed dan bahan Carded sama-sama berbahan dasar 100% serat cotton, maka kedua bahan ini mempunyai kualitas penyerapan keringat yang baik. Jadi jika Anda mempunyai rencana membuat kaos dengan menggunakan kedua bahan ini dengan tujuan untuk membuat kaos olahraga misalnya, akan sangat tepat terutama jika Anda menggunakan bahan kaos Combed  karena akan lebih nyaman dan adem juga penyerapan keringatnya juga baik. Tapi jika mencari bahan 100% cotton yang lebih murah dan bisa menyerap keringat dengan baik silakan gunakan bahan Carded sebagai bahan dasar kaos Anda.

5. Perbedaan Harga

Harga Bahan Cotton Combed

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya harga bahan cotton combed memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan carded. Perlu Anda ketahui juga harga bahan kaos di kain dipengaruhi oleh warna kainnya.

Warna tersebut meliputi Warna Tua, Warna Sedang, Warna Muda, Warna Putih, Warna Misty dan Warna Jet black.

Harga Bahan Carded

Ingin membuat kaos dengan bahan katun tetapi harga nya murah? Gunakan bahan Carded saja sebagai bahan dasarnya. Namun Anda harus tahu juga, kualitas yang ditawarkan oleh bahan Carded tidak akan sebagus bahan Cotton Combed. Harga bahan Carded juga sama seperti bahan lainnya, dipengaruhi oleh warnanya, dan warna yang tersedia di toko kain.

Beberapa contoh di atas merupakan variasi yang bisa Anda buat dengan menggunakan bahan kaos Cotton Combed dan Cotton Carded. Jadi bukan hanya kaos oblong biasa saja, tetapi masih banyak jenis pakaian yang bisa Anda buat dengan kain ini.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat kaos dengan kualitas tinggi, kami sarankan untuk menggunakan bahan Cotton Combed walaupun harganya cenderung lebih mahal. Namun, jika Anda menginginkan kaos dengan kualitas baik dan harga yang lebih terjangkau, kain Carded pun dapat dijadikan pilihan. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://knitto.co.id/blog/5-perbedaan-combed-vs-carded-wajib-ketahui/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *