Pengertian Misty dan Jenis Kain Misty

Gambar: fbwfashion.com

Saat Anda membeli kaos, pernahkah mendengar istilah misty? Bila Anda belum tahu apa itu misty simak ulasan kami berikut ini untuk mempermudah Anda dalam memilih kaos kedepannya.

Apa itu kain misty?

Kain Misty adalah jenis kain yang terbuat dari katun, polyester atau campuran keduanya yang memiliki warna dasar alami abu tanpa diwarnai sebelumnya. Sebagian jenis kain lainnya memerlukan proses pewarnaan agar berwarna abu-abu, tapi kain misty ini tidak perlu melalui proses pewarnaan karena memang sudah berwarna alami abu yang berasal dari serat yang diwarnai.

Jenis Warna Kain Misty

Teradapat beberapa jenis warna Misty yang ada di pasaran, bukan hanya dari segi warnanya saja yang bermacam-macam tetapi jenis kain nya juga. Jenis warna Misty yang dijual di pasaran ada 2 jenis biasanya yaitu Misty Muda dan Misty Tua.

Biasanya setiap toko kain memiliki kode warna untuk membedakan kadar warna misty muda dan misty tua. Contohnya semakin tinggi angka kode warna semakin tua pula warnanya.

Jenis Kain dengan Warna Misty

Setelah tahu jenis warna mistynya, hal yang perlu diketahui berikutnya adalah jenis-jenis bahan kain yang tersedia dengan warna misty. Terdapat berbagai jenis kain dengan warna misty yang tersedia di pasaran yang bisa Anda gunakan untuk membuat kaos, polo shirt ataupun jaket. Berikut beberapa jenis kain dengan warna misty.

Combed 24s & 30s  

Combed 24s   – Combed atau Cotton Combed merupakan bahan yang sangat populer untuk dijadikan kaos kaos yang dibuat dari 100% serat cotton. Bahan kaos Combed mempunyai gramasi 175-185 gsm, kain combed dengan ketebalan sedang, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Pada bahan kain kaos Combed 24s ini tersedia warna Misty   dengan variasi warna Putih Bluish

Combed 30s   – Sama seperti Combed 24s, kain kaos Combed 30s pun dibuat dari 100% serat cotton tetapi kain kaos ini mempunyai gramasi 140-150 gsm. Dan merupakan kain kaos dengan ketebalan paling tipis, dan paling banyak dicari oleh banyak pengrajin kaos, karena bahan kaos yang sangat nyaman untuk digunakan. Variasi warna Misty yang tersedia untuk kain kaos Combed 30s adalah Misty   Putih Bluish

Cotton Bamboo 30s

Kain kaos Cotton Bamboo adalah kain yang dibuat dari serat campuran yaitu 70% serat cotton dan 30% serat bamboo dengan gramasi 160 gsm. Kain kaos Cotton Bamboo juga merupakan bahan kaos yang termasuk ke dalam kategori kain Premium. Warna Misty yang tersedia untuk Cotton Bamboo pun tetap menggunakan jenis Misty Muda.

CVC 30s  

Bahan CVC adalah singkatan dari Chief Value Cotton, Bahan CVC merupakan jenis kain campuran yang mempunyai komposisi 55% cotton 45% polyester atau 60% cotton 40% polyester atau 50% cotton 50% polyester. Untuk jenis warna Misty yang ada pada kain CVC 30s ditandai dengan kode warna   dan variasi warnanya adalah Putih Bluish

TC 30s  

Bahan TC atau Tetron Cotton adalah jenis kain campuran antara Polyester dan Cotton. Kain ini mempunyai kemiripan dengan CVC tetapi komposisi nya saja yang berbeda. TC sama-sama dibuat dari campuran serat cotton dan serat polyester tetapi memang lebih banyak kandungan Polyester dibandingkan dengan kandungan Cotton nya, umumnya komposisi nya adalah 65% Polyester dan 35% Cotton. Kebetulan warna kain yang tersedia untuk kain kaos TC adalah hanya misty saja dan sama seperti CVC variasi nya adalah Putih Bluish tetap dengan kode warna  

Combed Pique Diamond

Combed Pique Diamond dibuat dari 100% serat Combed dengan kualitas yang sangat baik dan permukaannya yang halus. Bentuk corak rajutan dari bahan pique ini berbentuk segiempat atau berlian. Tekstur dari kain untuk kaos berkerah ini lembut, halus dan adem saat digunakan, bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat kaos polo dengan kualitas premium

CVC Pique Hexagon

Jenis bahan kaos polo yang dibuat dari serat campuran cotton dan polyester yang mempunyai corak rajutan berbentuk segi enam. Pique Hexagon biasanya digunakan untuk membuat kaos polo dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kaos polo berbahan Combed Pique Diamond

Combed Baby Terry

Bahan jaket ini dibuat dari bahan combed premium, dengan permukaan luar yang sama seperti bahan kaos pada umumnya tetapi bagian dalamnya mempunyai struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop”.

Kain Combed Baby Terry cenderung lebih tipis dibandingkan dengan Combed Fleece dengan gramasi 230 gsm berbeda dengan Fleece, bahan jaket Baby Terry mempunyai setting 36” dan berbentuk tubular.

Bahan mana yang mempunyai kualitas warna misty terbaik?

Untuk menentukan kualitas mana yang terbaik, bisa dilihat dari bahan dasar kain tersebut karena warna kain akan menjadi sangat bagus dan cemerlang jika bahan dasar kainnya pun terbaik. Dan jika ditanya mana yang terbaik kami masih lebih merekomendasikan kain Cotton Bamboo karena seperti kita tahu kain kaos Cotton Bamboo merupakan bahan kaos dengan kualitas premium.

Tetapi kembali lagi kepada jenis rajutan apa yang Anda gunakan ya, jika pada rajutan single knit kain Cotton Bamboo masih lebih unggul daripada beberapa kain lain yang mempunyai warna misty. Tapi jika pada jenis rajutan Pique kami merekomendasikan Anda menggunakan kain Combed Pique Diamond karena kain tersebut merupakan koleksi kain kaos polo dengan kualitas premium juga.

Sekian ulasan mengenai kain misty dari kami, semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/pengertian-misty-dan-jenis-kain-kaos-warna-misty/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *