Mengatasi Noda Pada Kaos Putih

Gambar: cheatsheet.com

 

Kaos merupakan pakaian paling populer di dunia ini dikarenakan pakaian ini dikenakan semua golongan usia, baik pria maupun wanita dan umumnya orang memakai pakaian ini minimal seminggu sekali.

Jadi wajar saja bila kaos yang kita kenakan terkena noda, entah itu dari makanan, noda kusam ataupun noda-noda lainnya, apalagi jika kita mengenakan kaos berwarna putih.

Jika menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda-noda tersebut, sangat jarang benar-benar bisa hilang atau bahkan bukan noda yang hilang malah kaos kita yang menjadi rusak karena noda semakin menyebar atau kaos menjadi kekuningan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menyelamatkan kaos putih kesayangan Anda dari noda-noda bandel. Yang paling pertama harus Anda lakukan adalah mengenali terlebih dahulu jenis noda tersebut agar Anda tahu apa langkah pertama yang perlu dilakukan.

Cara Mengatasi Noda

1. Untuk noda berminyak: Hindari menggunakan air

Jika noda di kaos putih Anda berasal dari makanan yang mengandung minyak atau mentega, lemak makanan dan lipstik, urungkan niat Anda untuk langsung membasuh noda tersebut dengan air dingin.

Perlu Anda ingat minyak melawan air, jadi jika Anda membasuh noda langsung dengan air maka noda akan semakin kuat, lebih baik Anda gunakan tisu kertas yang kering untuk membersihkan noda dengan lembut, lalu cuci bersih menggunakan detergen.

Anda bisa juga mencoba menggunakan cairan pencuci piring dan bedak bayi, caranya keringkan terlebih dahulu noda minyaknya menggunakan tisu kertas lalu, Anda hanya perlu taburkan bedak bayi ke bagian yang terkena noda, diamkan beberapa saat lalu sisihkan bedaknya dan tuangkan cairan pencuci piring ke pakaian yang terkena noda lalu gosok menggunakan sikat gigi kemudian cuci kaos putih Anda seperti biasa.

2. Untuk noda tidak berminyak: Gunakan air

Untuk noda yang disebabkan oleh keringat, noda kosmetik yang tidak mengandung minyak, makan tidak berminyak, darah atau tanah dan lumpur bisa segera Anda cuci dengan menggunakan air, pegang pakaian di bawah aliran air keran sehingga air mengenai bagian belakang noda.

Ini akan membantu membersihkan noda dari belakang, bila Anda langsung mencuci noda pada permukaannya dengan air malah akan lebih menekan noda ke dalam kain.

Tapi, jika ada noda darah di kaos putih Anda coba untuk mencucinya dengan sabun mandi, akan lebih mudah dan cepat hilang noda darah tersebut di kaos putih Anda.

3. Untuk noda pekat atau gelap: Gunakan cuka

Gambar: shawglobalnews.wordpress.com

Selain untuk campuran makanan Cuka juga bisa menghilangkan jenis noda yang sangat pekat dan gelap, coba Anda tuangkan cuka langsung ke bagian yang bernoda dan diamkan selama 30 menit lalu cuci seperti biasa.

Tapi jika masih belum berhasil hilang coba campurkan dengan baking soda untuk dibuat pasta lalu gosokkan ke noda yang membandel dan diamkan selama 30 menit sebelum dicuci.

4. Cara alternatif: Gunakan Aspirin

Gambar: webmd.com

Siapa bilang aspirin hanya bisa menghilangkan sakit kepala saja? Anda bisa gunakan aspirin yang dihancurkan untuk membuat noda hilang dari kaos putih kesayangan Anda, caranya hancurkan 2 butir aspirin, buatlah jadi bubuk. Kemudian masukan ke dalam 1/2 mangkuk air hangat. Rendam pakaian bernoda tersebut selama 2-3 jam. Cuci seperti biasa.

Sedikit tips dari kami agar supaya kaos putih Anda tetap awet yaitu pisahkan kaos putih atau baju-baju putih Anda saat dicuci jangan satukan dengan pakaian lain apalagi pakaian berwarna yang berisiko luntur, jangan terlalu sering menggunakan pemutih dan jangan cuci kaos menggunakan mesin cuci.

Semoga dengan beberapa cara di atas membantu Anda untuk menghilangkan noda-noda yang ada di kaos putih Anda, Selamat mencoba.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/mengatasi-noda-kaos-putih/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *