Mana yang Lebih Bagus, Bahan CVC atau Bahan TC?

Gambar: rathdownefabrics.com.au

Pada dasarnya, kualitas CVC lebih bagus dibandingkan dengan TC, karena CVC dibuat dari campuran Polyester dan Cotton dengan persentase Cotton yang lebih banyak, sedangkan TC sama-sama dibuat dari campuran serat Cotton dan serat Polyester tetapi kandungan serat Polyesternya lebih banyak. Bahan CVC juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang lebih baik daripada TC.

Apa itu Bahan CVC dan Bahan TC?

Bahan CVC

CVC adalah singkatan dari Chief Value Cotton, Bahan CVC merupakan jenis kain campuran yang mempunyai komposisi 55% cotton 45% polyester atau 60% cotton 40% polyester atau 50% cotton 50% polyester.

Jika dibandingkan dengan bahan kaos combed dan bahan carded tentunya sangat berbeda, karena kedua bahan ini memiliki komposisi 100% cotton dan pastinya kualitas kainnya juga berbeda.

Apakah bahan CVC bisa menyerap keringat?

Bahan CVC masih bisa menyerap keringat, karena kandungan serat katunnya masih lebih banyak daripada polyesternya. Jadi akan tetap nyaman digunakan meskipun dipakai di bawah sinar matahari, tetapi tetap tidak akan senyaman kaos dengan bahan full cotton.

Kain CVC cukup populer untuk digunakan sebagai bahan pembuat kaos oleh para produsen kaos atau pengusaha konveksi, jika mereka memang hendak memproduksi kaos dengan harga yang lebih murah. Biasanya kaos dengan bahan CVC digunakan untuk kaos-kaos komunitas atau jenis kaos kuantitas besar lainnya.

Bahan TC

TC atau Tetoron Cotton adalah jenis kain campuran dari Polyester dan Cotton. Kain ini mempunyai kemiripan dengan CVC namun dengan komposisi yang berbeda.

Sama seperti CVC, TC juga dibuat dari campuran serat cotton dan serat polyester tapi bedanya TC memiliki lebih banyak kandungan Polyester dibandingkan dengan kandungan Cotton nya, umumnya komposisi nya adalah 65% Polyester dan 35% Cotton.

Bahan kaos TC biasanya digunakan untuk membuat kaos produksi masal (kaos partai). Kaos yang menggunakan bahan TC biasanya mempunyai kualitas yang kurang bagus jika dibandingkan dengan kaos CVC.

Apalagi jika dibandingkan dengan bahan katun seperti Combed atau Carded, kualitasnya sangat jauh berbeda.

Ini dikarenakan bahan TC adalah kain kaos yang tidak begitu menyerap keringat dan terasa sedikit panas di badan karena kandungan serat Polyesternya lebih banyak. Seperti kita tahu, bahan Polyester tidak bisa menyerap keringat.

Kualitas dari kain ini juga yang menyebabkan harga bahan TC juga lebih murah dibandingkan dengan CVC karena itulah TC umum digunakan untuk kaos partai.

Untuk lebih memudahkan berikut kami cantumkan tabel perbandingan antara kedua bahan.

Perbedaan Bahan TC dan Bahan CVC

Bahan CVC Bahan TC
Terbuat dari campuran cotton dan polyester Terbuat dari campuran cotton dan polyester
Kandungan cotton lebih banyak Kandungan polyester lebih banyak
Bisa menyerap keringat Kurang menyerap keringat
Tidak panas di kulit Cukup terasa panas di kulit
Harga lebih mahal dari TC Harga lebih murah dari CVC

Cara Membedakan Bahan CVC dan Bahan CVC

Jika dilihat secara sekilas kedua bahan ini memang hampir sama, tapi ada cara yang cukup mudah untuk membedakan bahan CVC dan bahan TC, yaitu dengan cara dibakar. Bahan TC jika dibakar akan meleleh dan tidak habis, malah akan mengeras seperti kita membakar plastik meskipun ada serbuk-serbuk yang berasal dari serat cottonnya.

Sedangkan bahan CVC akan lebih mudah terbakar meskipun tetap ada bulir-bulir kecil dari sisa pembakarannya atau tetap tidak bisa terbakar habis.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/bahan-cvc-vs-bahan-tc-mana-yang-lebih-bagus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *