Apa Itu Lebar dan Gramasi Bahan Kaos?

Gambar: nao.org.uk

Ketika Anda ingin memulai berbisnis kaos, selain mengetahui jenis-jenis bahan kaosnya Anda juga perlu mengetahui beberapa detail dan karakteristik juga detail dari sebuah kain. Seperti Lebar dan Gramasi contohnya, beberapa jenis bahan kaos diluar sana mempunyai Lebar kain dan Gramasi yang berbeda-beda, jadi jangan sampai tertukar.

 Lebar kain, lebar 1 roll kain yang dibentangkan dan biasanya dalam satuan “Inch” sedangkan Gramasi adalah satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2). Dalam artikel ini kami akan menjelaskan apa itu Lebar dan Gramasi dan juga jenis-jenis nya agar Anda tidak salah dalam memilih kain yang Anda butuhkan.

Lebar Bahan Kaos dan Jenisnya

Diameter atau Lebar kain adalah lebar 1 roll kain yang dibentangkan dan biasanya dalam satuan “Inch”.  Beberapa orang juga biasanya menggunakan sebutan lain untuk lebar kain yaitu “Settingan”. Sebenarnya banyak sekali jenis lebar kain yang ada dipasaran, tetapi lebar kain yang paling umum di Indonesia yaitu 34”, 36”, 38”, 40”, 42”, dst.

Jenis lebar kain tesebut biasanya digunakan untuk kain dengan kenis Tubular. Apa itu kain Tubular? Kain dengan jenis Tubular adalah kondisi kain dimana masih berbentuk lingkaran atau menyarung atau jenis kain yang belum dibelah. Kain dengan jenis lebar 34”, 36”, 38”, 40” dan 42” biasa nya digunakan untuk kain-kain dengan jenis single knit, lebar kain yang umum digunakan adalah 42”

Keunggulan lebar bahan kaos 42”

  • Hasil kaos yang didapatkan akan lebih banyak. Dalam 1 kg kain Anda bisa mendapatkan 4-5 kaos bahkan 6 kaos dengan ukuran L. Meskipun banyaknya kaos yang dihasilkan tetap tergantung ke pola potongnya
  • Sisa potongan atau sisa bahan yang terbuang akan lebih sedikit. Dengan menggunakan lebar kain 42” Anda bisa lebih menghemat penggunaan kain Anda tanpa membuang bahan terlalu banyak
  • Memudahkan proses pemotongan. Pada saat Anda melakukan pemotongan pola baju, dengan menggunakan lebar kain 42” akan lebih mudah. Terutama pada saat Anda membuat pola atau memotong pola untuk ukuran-ukuran kecil seperti M dan S.

 

Adakah Lebar kain yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran lebar kain diatas?

Selain lebar kain yang sudah kami sebutkan di atas, terdapat juga lebar kain yang lebih kecil yaitu 20” dan 22”. Lebar kain 20” dan 22” biasa nya digunakan untuk jenis kain body size yaitu bahan dasar untuk membuat kaos tanpa jahitan pinggir.

Tetapi ada juga lebar kain dengan ukuran yang lebih besar dari 42”, biasanya digunakan untuk bahan kaos polo seperti Pique. Bahan Pique biasa menggunakan lebar kain 45”, sedangkan untuk bahan jaket seperti Combed Fleece kami menggunakan lebar kain 72”.

Mengapa bahan jaket Fleece lebih besar setting kainnya dibandingkan kain yang lain? Karena bahan jaket Fleece kainnya sudah dibelah atau disebut juga dengan istilah “Open Finish”, tidak seperti kain tubular yang masih berbentuk sarung.

Bagaimana dengan kain Rib? Apakah lebarnya sama seperti kain single Knit?

Sebagai pasangan atau aksesoris untuk kaos Rib mempunyai lebar kain yang lebih kecil dari body kain itu sendiri. Lebar kain Rib yang tersedia di pasaran salah satunya adalah 30”, lebar kain ini berlaku untuk semua jenis kain single knit seperti Combed, Carded dan Fancy Fabrics.

Untuk kain dengan kualitas premium seperti Cotton Bamboo, Cotton Modal dan Cotton Supima menggunakan lebar 25”.

Berbeda dengan Rib lebar kain pasangan Combed Fleece dan Combed Baby Terry jauh lebih kecil, Bur mempunyai lebar kain 17”. Bahan Bur dibuat menggunakan bahan yang sama namun tingkat kelenturan dari kain Bur sangat berbeda dengan bahan kainnya.

Mengapa? Karena bahan Bur mengandung bahan spandex sehingga kain menjadi lebih lentur atau elastis.

Gramasi Kain dan Pengertiannya

Kami sering mendapatkan pertanyaan dari media sosial kami mengenai Gramasi, apa itu gramasi? Apakah gramasi setiap kain sama? Gramasi adalah satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2).

Apakah Gramasi setiap kain sama? Tentu saja berbeda, gramasi dari kain Combed 20s dan Combed 30s tentu berbeda, karena ukuran benang yang digunakan pun berbeda maka ukuran berat dari masing-masing kain tersebut pun akan berbeda.

Gramasi Bahan Kaos Single Knit

Contohnya pada kain Combed, seperti Anda tahu jenis bahan Combed umumnya ada 3 yaitu Combed 20s, Combed 24s dan Combed 30s. Gramasi kain Combed 20s dengan Lebar 42” adalah 190-200, kain dengan ketebalan yang paling tebal di antara bahan Combed lainnya.

Sedangkan gramasi Combed 24s dengan Lebar 42” adalah 175-185, kain ini ketebalannya berada di tengah-tengah, maksudnya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Dan yang terakhir gramasi Combed 30s dengan Lebar 42” adalah 140-150, kain dengan gramasi ini adalah kain paling yang banyak disukai dan dicari oleh para produsen kaos, karena bahan Combed 30s paling pas dan nyaman digunakan.

Mengapa gramasi setiap kain bahan Combed ini berbeda? Semakin besar satuan ketebalan benang nya maka akan semakin tipis benangnya, oleh karena itulah gramasi pada kain berbeda-beda karena ditentukan oleh jenis ukuran benang yang digunakan.

  Combed 40s Combed 30s Combed 24s Combed 20s
Ketebalan Kain 110-120 gsm 140-150 gsm 175-185 gsm 190-200 gsm

Rata-rata gramasi yang digunakan untuk ketebalan kain 30s seperti Cotton Carded, Cotton Modal, Cotton Bamboo, Cotton Supima dan Fancy Fabrics adalah 140-150 gsm atau 150-160 gsm. Gramasi tersebut bisa dikatakan gramasi yang pas untuk bahan kaos dengan ketebalan 30s.

Gramasi Bahan Kaos Polo Pique

Gambar: acornfabrics.com

Perlu Anda ketahui untuk bahan kaos Polo CVC Pique Hexagon dan Combed Pique Diamond menggunakan gramasi yang berbeda sama halnya dengan bahan jaket Combed Fleece atau Combed Baby Terry.

Bahan kaos Polo CVC Pique Hexagon dan Combed Pique Diamond mempunyai gramasi yang berbeda meskipun sama-sama bahan kaos polo. Ketebalan kain antara CVC Pique Hexagon dan Combed Diamond juga berbeda.

CVC Pique Hexagon menggunakan ketebalan 24s dengan gramasi 200-210 gsm. Sedikit berbeda dengan Combed Pique Diamond, bahan kaos polo dengan bahan premium ini mempunyai ketebalan kain 30s dan gramasi nya adalah 180-190 gsm.

Gramasi dari kain dengan rajutan Pique memang lebih besar dibandingkan dengan kain yang menggunakan rajutan single knit. Karena karakteristik kainnya pun lebih tebal dan coraknya lebih padat.

Gramasi Kain Rib

Ketebalan dan gramasi yang dimiliki Rib tentunya berbeda dengan body kainnya. Gramasi dari Rib cenderung lebih tebal karena kain Rib merupakan kain double knit maka kainnya pun akan lebih tebal. Gramasi dari Rib untuk kain dengan ketebalan 30s sekitar 200-210 gsm.

Tetapi ada perbedaan antara Rib Combed dengan Rib bahan Cotton Bamboo, Cotton Modal dan Cotton Supima.

Rib untuk bahan kain premium di atas menggunakan Rib Spandex, gramasi nya pun berbeda yaitu 230 gsm kainnya lebih tebal dan Rib nya pun lebih elastis.

Untuk kain Bur atau pasangan untuk bahan jaket Combed Fleece dan Baby Terry, gramasi kainnya sangat besar yaitu 400-410 gsm. Bahan Combed Baby Terry dan Combed Fleece merupakan bahan yang sangat tebal dibandingkan dengan bahan kaos lainnya, maka dari itu pasangan kainnya pun sama-sama tebal bahkan lebih tebal dibandingkan dengan kainnya

Sekian penjelasan kami tentang Lebar dan Gramasi kain, semoga bermanfaat untuk Anda terutama untuk para pemula yang ingin memulai berbisnis di bidang produksi kaos.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/apa-lebar-dan-gramasi-bahan-kaos/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *