Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kain Baby Terry

Gambar: zumiez.com

Saat ini tersedia banyak jenis bahan jaket dan sweater dengan beragam karakteristiknya. Salah satu bahan yang populer untuk membuat jaket adalah baby terry, yang akan kami rangkum kelebihan dan kekuranganya dalam artikel kali ini.

Baby terry merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan dasar serat kapas. Jenis kain ini umum digunakan untuk membuat pakaian. Nama Babyterry juga dikenal dengan nama lain misalnya Baby Tray, Tray atau ada yang menyebutnya Terry saja.

Pada awal kemunculannya, kain babyterry hanya digunakan untuk membuat handuk, seiring berjalannya waktu juga digunakan untuk beragam jenis kebutuhan. Tidak hanya untuk jaket dan sweater seperti yang saat ini populer, baby terry juga digunakan untuk membuat keset, pakaian bayi, bahan pelapis sendal dan blazer.

Kelebihan Kain Babyterry

1. Memiliki Tekstur Lembut dan Halus

Tekstur yang lembut serta halus pada jenis kain Babyterry ini menjadikan banyak orang tertarik untuk memilih dan menyukai bahan ini. Dengan kelebihan yang demikian, jenis kain ini tidak hanya nyaman dikenakan oleh kalangan dewasa, namun juga anak-anak. Bahkan, dulu awalnya kain jenis ini dijadikan untuk membuat pakaian anak-anak. Dan karena itu nama depannya adalah baby.

2. Mampu Menyerap Keringat dengan Baik

Selanjutnya, kain Babyterry memiliki kelebihan yang lain yakni kemampuan dalam menyerap keringat sangat mudah. Jenis kain ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki keringat berlebih. Jika dibiarkan, keringat berlebih tentu saja bisa menyebabkan bau badan. Jenis kain Babyterry ini sangat cocok karena rongga kecil pada kain ini mampu menyerap keringat.

3. Terasa Hangat

Kelebihan dari kain Babyterry yang selanjutnya adalah ia mampu menghangatkan badan. Sekalipun mampu menghangatkan badan secara maksimal, jenis kain ini tidak membuat kulit kemerahan. Hal ini disebabkan karena bulu-bulu halus yang diletakkan di balik kain.

Bulu bulu halus tersebut nantinya akan membantu menahan dan menstabilkan suhu tubuh, karena itu pemakaianya akan cenderung merasa hangat. Dan sekalipun mampu menghangatkan badan, jenis kain ini tidak akan membuat gerah. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengenakan jenis kain ini di semua cuaca, baik musim panas atau dingin.

4. Harga Relatif Terjangkau

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan di atas, kelebihan lainnya adalah jenis kain satu ini mudah diperoleh. Entah itu secara online ataupun offline. Bahkan, jenis kain ini juga didukung dengan harganya yang sangat murah terjangkau. Menggunakan kain jenis ini memang menawarkan berbagai kemudahan di dalamnya.

Kekurangan Kain Babyterry

1. Kurang Awet

Jenis kain baby terry memiliki sifat yang kurang rapat dan cenderung tidak tebal sehingga berefek kepada keawetan bahannya yang kurang. Sehingga, ketika digunakan untuk membuat baju, bajunya tidak akan awet. Terlebih jika bajunya sering dipakai dan dicuci di mesin cuci. Pasti akan cepat mengalami kerusakan.

2. Lebih Tipis Dibandingkan dengan Cotton Fleece

Di samping kain berjenis Babyterry, ada juga jenis bahan lain untuk membuat sweater atau jaket, yaitu bahan Fleece. Nah, kain Babuterry memiliki tekstur bahan yang lebih tipis apabila dibandingkan dengan Fleece. Inilah yang menyebabkan bahan kain satu ini cenderung kurang awet jika dipakai untuk membuat baju.

3. Harga yang Lebih Mahal dari Kain Lain

Meskipun harganya relatif terjangkau, namun ternyata kain dengan bahan ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena kain ini dibuat dari serat asli. Namun, untuk harga sebenarnya bisa dikatakan relatif. Bisa menjadi kekurangan ataupun kelebihan.

Dan untuk mahal murahnya produk kain Babyterry, sesungguhnya juga tergantung dari jenis bahannya. Jenis kain ini memiliki dua jenis bahan. Pertama, bahan babyterry Polyester dan kedua adalah bahan Babyterry Katun.

Jenis Babyterry Polyester memikiki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis katun yang harganya relatif lebih mahal. Harga tersebut masih sebanding dengan kualitas yang diberikan. Dan sudah terbukti bahwa jenis Babyterry Katun memang lebih nyaman dibandingkan dengan yang satunya.

4. Mudah Melar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh kain Babyterry adalah ia sangat mudah melar. Bisa dibilang jenis kain ini kurang awet dan hargabya juga mahal. Di samping itu, ia juga sangat mudah melar. Hal ini disebabkan karena sifat dari bahannya yang tidak rapat sehingga ada.

Berdasarkan ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kain fleece sangat cocok digunakan sebagai bahan outer dan midlayer dan perangkat lainnya yang memerlukan penyerapan cairan yang baik seperti handuk dan keset.

Sumber: https://olympics30.com/kain-babyterry/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *