Jenis-jenis Model Kerah Kaos

Kaos merupakan pakaian paling populer di dunia ini dikarenakan pakaian ini dikenakan semua golongan usia, baik pria maupun wanita dan umumnya orang memakai pakaian ini minimal seminggu sekali.

Kepopuleran kaos tidak terlepas dari sifatnya yang mudah dipadu padankan dengan pakaian jenis lain seperti jaket, sweater, rok, topi, dll. Sejak awal kepopulerannya di akhir tahun 40an, kaos telah melalui banyak sekali era perubahan fashion dan tentunya ikut berubah bersamaan dengan perubahan tren.

Saat ini tersedia beragam desain dan model kaos yang ada di pasaran. Perbedaan mencolok antar model kaos biasanya terletak pada kerahnya, seperti kaos O-Neck, V-Neck dan polo (wangki). Berikut kami ulas mengenai beberapa jenis model kerah kaos.

Kerah O-neck

Sesuai dengan namanya, bentuk lubang leher yang diaplikasikan pada kaos ini sebenarnya memiliki bentuk bundar yang sangat simpel menyerupai huruf “O”. Kaos dengan lubang leher O-Neck termasuk ke dalam jenis kaos yang paling standar dan paling sering anda jumpai.

Untuk kaos dengan model lubang leher O bisa untuk kaos lengan pendek, lengan 3/4, ataupun lengan panjang.

Gambar: touchofmodern.com

 

Kerah V-neck

Sesuai dengan namanya, model leher kaos ini memiliki potongan garis leher yang menyerupai bentuk “V” atau meruncing di ujungnya. Bentuk V pada kaos ini sebenarnya didapat dari dua garis ribs yang bersudut di sekitar dada atas.

Sudut pertemuannya bervariasi tergantung selera desainer atau permintaan pasar. Biasanya jenis leher kaos ini diaplikasikan ke kaos untuk wanita namun tidak jarang pria juga menggunakannya.

Gambar: customink.com

 

Kerah U-neck

Kaos dengan model lubang leher seperti ini memiliki desain perpaduan antara O-neck dan V-neck. Sedikit membulat seperti O-neck namun tidak menyudut tajam seperti V-neck. Kaos dengan model lubang leher dianggap lebih cocok untuk wanita dibandingkan untuk pria.

Gambar: uniqlo.com

 

Kerah Y-Neck

Kaos Y-Neck bisa dibilang merupakan gabungan dari kaos dengan lubang kerah V-Neck dan Polo Shirt (Kaos berkerah). Kaos dengan lubang leher “Y”memiliki lubah leher berbentuk Y dengan variasi tambahan kancing di bagian tengahnya ditambah garis lurus kebawah sampai dada dan dilengkapi kancing seperti pada kaos kerah. Jumlah kancing yang dipasangkan pada leher kaos bisa bermacam-macam mulai dari dua kancing sampai enam kancing.

Untuk kaos dengan model lubang leher satu ini mungkin jarang Anda lihat. Sebenarnya jenis kaos henley ini diaplikasikan di berbagai model pakaian, seperti singlet, kaos tangan pendek, model raglan, dan ada juga kaos tangan panjang tapi ciri khasnya tetap berkancing tanpa kerah.

Gambar: evo.com

 

Turtleneck

Model kerah ini diberi nama turtle alias kura-kura karena memang lubang lehernya memanjang persis seperti leher kura-kura. Perbedaannya signifikan pada lubang kerah ini terletak di bagian garis leher yang berbentuk bulat seperti model O-neck namun dilengkapi dengan tambahan rib (bahan pinggiran lubang leher) ke atas.

Sehingga saat digunakan dapat menutupi keseluruhan bagian leher Anda. Bila bagian lehernya dirasa terlalu panjang anda bisa melipatnya kebawah menjadi dua bagian.

Gambar: fbbonline.com

 

Kaos Berkerah (Polo shirt)

Kaosa polo (wangki) merupakan kaos yang memiliki kerah di bagian lubang lehernya. Biasanya kaos wangki digunakan untuk kegiatan sehari-hari ataupun acara formal, karena kaos ini memiliki kesan formal dan elegan.

Bahan yang biasa digunakan adalah lacoste CVC ataupun lacoste katun yang disesuaikan dengan rancangan produsennya ataupun selera pasar. Terkadang ada juga penambahan corak, desain, model saku ataupun bordir pada kaos yang juga membantu menarik minat konsumen. Kaos wangki bersifat unisex yaitu bisa dipakai oleh pria maupun wanita.

Gambar: jonestshirts.com

Demikian ulasan kami mengenai jenis-jenis model leher kaos. Semoga bisa menambah referensi Anda ketika hendak memilih model kaos yang tepat.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/jenis-jenis-kerah-kaos/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *