Jenis-jenis Jahitan Kaos

Menjahit sudah dikenal orang sejak 20.000 tahun yang lalu, jauh sebelum orang mengenal cara menenun. Jarum jahit sudah dikenal manusia sejak zaman Paleolitik. Dengan sejarah yang sangat panjang, teknik jahit tentu sudah banyak sekali perkembangan, apalagi sekarang didukung dengan teknologi permesinan yang sudah maju.

Seperti kita tahu kaos merupakan jenis pakaian yang paling populer di dunia karena sifatnya yang simpel dan cocok dipadu padankan dengan jenis pakaian lain. Dengan kepopulerannya yang sudah lebih dari setengah abad kaos sudah memiliki berbagai jenis jahitan bisa menunjang terciptanya kaos yang berkualitas. Berikut kami ulas beberapa jenisnya.

Tipe Jahitan Kaos

Jahit Rantai

Gambar: dapurprint.co.id

Layaknya namanya, jahitan ini disebut jahit rantai karena pola yang dihasilkan berbentuk seperti rantai. Jahit rantai biasa diaplikasikan di bagian belakang leher dan pundak kaos.

Pada awalnya, jenis jahitan ini hanya salah satu teknik jahitan yang mempermudah pengerjaan kaos, tapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karena hasilnya cukup rapi dengan pola unik.

Pada jahitan rantai ini terdapat kain yang disebut bis yang berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

Jahit Obras

Gambar: gastrad.com

Jahit obras adalah jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin obras high speed. Fungsi mesin ini adalah untuk menggabungkan dua potongan menjadi satu, untuk kaos biasanya digunakan untuk menggabungkan rib dengan potongan badan kaos, potongan badan satu dengan yang lain dan juga potongan badan dengan potongan lengan.

Mesin obras menggunakan jenis benang 3, 4 dan 5 benang dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Secara umum kaos-kaos distro biasanya menggunakan jenis jahit obras dengan benang 4 dan jarum 2.

Jahit Lurus

Gambar: selfishseamstress.wordpress.com

Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Jahit Overdeck

Gambar: oemahbaju.simplesite.com

Jahit Overdeck adalah jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Jahitan jenis ini biasanya diaplikasikan pada bagian lengan dan pinggiran bawah kaos. Mesin overdeck ini pun bisa dimodifikasi menjadi salah satu jahitan yang bernama jahit kumis.

Untuk jahitan overdeck biasa menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahitan overdeck kumis menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

Sekian ulasan kami tentang jenis-jenis jahitan yang terdapat pada kaos. Semoga bisa menambah wawasan menjahit Anda.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/jenis-jenis-jahitan-kaos/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *