Jenis Bahan Kaos yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang hendak memulai bisnis produksi kaos ataupun bagi yang ingin membeli kaos, akan sangat bermanfaat apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai bahan-bahan kaos beserta segala kelebihan dan kekurangannya.

Ada banyak jenis kain di pasaran yang biasa digunakan untuk membuat kaos beserta variannya seperti kaos polo. Umumnya kain yang digunakan untuk membuat bahan kaos oblong menggunakan bahan Cotton Combed, Cotton Carded.

Aada juga  yang mempunyai corak unik seperti Fancy Fabrics (CVC Siro Chameleon, CVC Threetone/Twotone, CVC Astro, Cotton Slub, CVC Fuzy dan Cotton Galaxy) atau bahan dengan kualitas premium seperti Cotton Bamboo, Cotton Modal dan Cotton Supima.

Perbedaan karakteristik antar kain bisa dimulai dari komposisi bahannya, rajutannya, tekstur kainnya serta bagaimana terasannya saat dipakai. Dalam artikel kami kali ini, kami akan jelaskan berbagai jenis bahan kaos beserta karakteristiknya yang perlu Anda ketahui. Kami akan mulai dengan jenis rajutan yang digunakan bahan.

Single Knit

Gambar: fabric.com

Rajutan Single Knit adalah jenis rajutan yang bagian luar dan bagian dalamnya berbeda. Merupakan jenis rajutan yang paling umum dan sebagian besar kain kaos yang ada di pasaran menggunakan jenis rajutan Single Knit. contohnya seperti kain kaos Combed, bahan Carded, kain CVC Threetone, Cotton Galaxy dan lain-lain.

Pique

Gambar: fabric.com

Rajutan Pique merupakan jenis rajutan yang padat dan biasanya digunakan untuk membuat kaos polo. Dua jenis corak rajut pique di pasaran yang pertama yaitu jenis corak Pique Hexagon dan yang kedua adalah jenis corak Pique Diamond.

Perbedaannya adalah corak Hexagon berbentuk seperti segienam sedangkan corak Pique Diamond berbentuk seperti belah ketupat atau segiempat atau seperti permata (diamond).

Setelah membahas dua jenis rajutan kain kaos di atas, kali ini kami akan menjelaskan jenis bahan kaos dari masing-masing jenis rajutan seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Bagi Anda yang baru mau memulai bisnis di bidang produksi kaos, artikel ini akan sangat membantu.

Bahan Kaos Single Knit

Mayoritas kain yang tersedia di pasaran sebenarnya menggunakan jenis rajutan Single Knit, fungsi utama dari kain single knit adalah sebagai bahan kaos. Berikut kami camtumkan beberapa bahan kaos bertipe single knit.

1. Cotton Combed

Bahan Katun Combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami, namun dengan kualitas yang lebih baik dari katun carded. Bahan Cotton Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga tekstur kainnya lebih halus, dingin, nyaman, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Bahan kaos Combed sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia.

2. Cotton Carded

Bahan Cotton Carded merupakan bahan kaos dengan jenis rajutan single knit, dibuat dengan komposisi 100% serat cotton atau kapas. Bahan Carded memiliki tekstur kurang halus dibandingkan combed dan tidak rata jika Anda lakukan pengamatan dengan seksama tetapi masih bisa menyerap keringat dengan baik.

3. Cotton Bamboo

Jenis bahan kaos Cotton Bamboo adalah bahan yang termasuk ke dalam kategori kain Premium. Apa itu Cotton Bamboo? Kain kaos Cotton Bamboo adalah kain yang dibuat dari serat campuran yaitu 70% serat cotton dan 30% serat bamboo.

Berikut keunggulan cotton bamboo:

  • Lembut
  • Halus
  • Adem & sejuk
  • Ringan di kulit
  • Anti Bakteri
  • Anti listrik statis
  • Cocok untuk kulit sensitif
  • Elastis dan tahan lama
  • Bisa di daur ulang

Keunggulan di atas yang membuat kain Cotton Bamboo ini menjadi kain premium dan harga nya pun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bahan cotton combed. Kain cotton bamboo sangat bagus jika digunakan untuk membuat baju anak atau kaos anak. Biasa nya anak-anak mempunyai kulit yang sensitif tapi dengan menggunakan kain Cotton Bamboo Anda tidak perlu khawatir karena kain ini sangat cocok untuk kulit sensitif dan anti bakteri.

4. Cotton Modal

 Jenis bahan kaos yang menggunakan jenis rajutan single knit ini sama-sama berbahan dasar campuran seperti bahan Cotton Bamboo. Cotton Modal adalah bahan kaos yang dibuat dari campuran serat cotton dan serat kayu (beechwood.

Keunggulan dari kain Cotton Modal sebenarnya hampir sama dengan Cotton Bamboo yaitu Lembut, Halus, Adem, Sejuk, Lebih ringan di kulit, Anti Bakteri, Anti listrik statis, Cocok untuk kulit sensitif, Elastis dan tahan lama, bisa di daur ulang.

Tetapi yang lebih special dari Cotton Modal adalah permukaan kainnya lebih berkilau dan lebih jatuh. Jika Anda ingin membuat kaos dengan kualitas yang lebih premium atau baju dan kaos anak yang lebih berkualitas silakan gunakan kain Cotton Modal.

5. Cotton Supima

Cotton Supima atau bahan supima adalah bahan kaos yang dibuat dari 100% serat cotton yang sangat langka. Mengapa langka? Karena total panen nya hanya 1% dari seluruh produksi kapas dunia.

Bahan Supima sudah banyak digunakan oleh brand pakaian dunia karena memang bahannya sangat bagus dan memiliki 3 keunggulan utama yaitu kain dengan serat yang lebih kuat, kain yang lebih lembut dan kain yang mempunyai warna cemeralang dan lebih cerah.

Fancy Fabrics

Gambar: rycfabrics.com

Fancy fabrics adalah kelompok kain-kain yang mempunyai corak unik seperti CVC Siro Chameleon, CVC Threetone/Twotone, CVC Astro, Cotton Slub, CVC Fuzy dan Cotton Galaxy. Di bawah ini merupakan penjelasan dari masing-masing kain yang tergabung ke dalam Fancy Fabrics.

1. CVC Siro Chameleon

CVC Siro Chameleon adalah kain yang dibuat dari campuran bahan Cotton dan Polyester. Kain kaos ini mempunyai campuran 2 warna di dalam kainnya yaitu warna dasar dan warna hitam. Jika Anda perhatikan kain Siro Chameleon ini corak warna nya hampir menyerupai kain CVC Threetone tetapi corak warna dari Siro Chameleon jauh lebih jelas.

2. CVC Threetone & Twotone

CVC Threetone adalah kain yang dibuat dari campuran serat cotton dan polyester, yang mempunyai 3 campuran warna di dalam kainnya yaitu warna dasar, putih dan hitam. Sama dengan CVC Threetone, CVC Twotone pun sama dibuat dari serat campuran, perbedaannya CVC Twotone hanya mempunyai 2 campuran warna yaitu warna dasar dan warna putih.

3. CVC Astro

CVC Astro adalah kain dengan rajutan single knit dengan komposisi campuran serat cotton dan polyester yang mempunyai 2 campuran warna yaitu warna dasar dan warna putih dengan motif garis pada permukaan kainnya. Ketebalan kainnya adalah 30s dengan Gramasi CVC Astro adalah 140-150 gsm.

4. Cotton Slub

Gambar: fabric.com

Pernahkah Anda menemukan kaos dengan tekstur benang yang timbul dan tenggelam? Jika belum pernah dan Anda cukup penasaran, kami mempunyai kain dengan tekstur seperti ini, kami sebut kain ini dengan nama Cotton Slub.

Kain Slub adalah jenis kain kaos cotton yang mempunyai ciri khas permukaan rajutan menebal dan menipis yang dihasilkan dari benangnya dengan gramasi 150-160 gsm dibuat dari bahan full cotton.

5. CVC Fuzy

CVC Fuzy adalah Kain yang dibuat dari campuran serat cotton dan serat polyester, dengan ketebalan 30s dengan gramasi 140-150 gsm. Permukaan kain CVC Fuzy ini sangat unik karena mempunyai motif bulu halus, kainnya lembut dan bulu halusnya tidak menimbulkan gatal karena terbuat dari serat alami.

6. Cotton Galaxy

Cotton Galaxy atau biasa nya disebut juga dengan nama Cotton Mambo, adalah kain yang dibuat dari serat full cotton dengan permukaan yang juga unik karena mempunyai bintik warna-warni. Gramasi dari kain Cotton Galaxy adalah 140-150 gsm dengan lebar kain 42” dan ketebalannya 30s.

7. CVC

Chief Value Cotton adalah kepanjangan dari nama CVC, kain yang dibuat dari serat campuran cotton dan polyester. Untuk kain CVC campuran serat cotton-nya jauh lebih banyak dibandingkan dengan polyster, setiap toko kain mungkin saja mempunyai campuran yang berbeda-beda untuk kain CVC mereka. Yang umum digunakan dipasaran adalah 55% serat cotton dan 45% serat polyester.

8. TC

TC atau Teteron Cotton adalah kain yang juga dibuat dari campuran serat cotton dan polyester hanya saja bahan TC mempunyai campuran polyster lebih banyak dibandingkan dengan cotton. Biasanya kain TC digunakan untuk membuat kaos-kaos partai atau kaos dengan harga yang murah.

Semoga ulasan kami mengenai jenis – jenis bahan kaos beserta jenis aksesorisnya ini bermanfaat dan bisa menambah informasi tentang bahan kaos.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/jenis-bahan-kaos-yang-perlu-anda-ketahui/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *