Cara Membedakan Cotton Combed dan Polyester

Cotton dan polyester merupakan dua bahan yang sangat populer untuk digunakan membuat kaos. Tapi dari segi bahan dasar,  komposisi, dan teksturnya keduanya sangatlah berbeda.

Bahan cotton 100% sudah bagus untuk digunakan untuk membuat kaos, sedangkan polyester digunakan untuk menjadi campuran bahan lain agar menghasilkan bahan bari dengan karakteristik yang diinginkan, meskipun ada kaos dengan full polyester tapi kualitas yang dihasilkan tetap masih cukup jauh dari combed.

Bahan cotton terbuat dari bahan dasar serat kapas katun, dan sebagai bahan kaos bahan cotton mempunyai banyak keunggulan seperti adem, nyaman , halus di kulit serta memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik.

Sedangkan kain Polyester merupakan hasil campuran dari Polythylene Terephthalate (zat pada plastik) dan Ester (serat Fiberpoly dari minyak bumi). Keduanya menghasilkan bahan kain yang tipis, kasar, namun awet. Rahasia keawetan bahan ini terletak dari bahan dasarnya itu tadi, yakni zat plastik dan minyak bumi.

Salah saru kegunaan dari kain polyester sebenarnya sama seperti Combed yaitu untuk bahan kaos tetapi kualitas kaos yang dihasilkan dari bahan Polyester tidak akan sebaik bahan Combed, karena bahan polyester biasa nya digunakan untuk kaos-kaos partai, atau kaos-kaos promosi yang kualitasnya rendah meskipun bisa saja digunakan untuk baju-baju olahraga seperti jersey untuk kualitas yang lebih baik.

Cara Membedakan Cotton dan Polyester

Lalu bagaimana cara membedakan bahan Combed dengan Polyester? Berikut kami ulas cara-cara membedakannya.

1. Dibakar

Gambar: sewfullife.wordpress.com

Membakar merupakan cara paling mudah dan paling terlihat hasilnya untuk mengetahui bahan tersebut merupakan bahan Combed atau bahan polyester yaitu dengan dibakar. Hasil dari bahan Combed yang dibakar akan habis atau menjadi abu, sama hal nya ketika kita membakar kapas atau tissue maka hasilnya akan habis, karena bahan Combed terbuat dari 100% serat cotton alias kapas.

Berbeda ketika Anda membakar bahan Polyester, karena bahan ini dibuat dari 100% serat sintetis atau biji plastik, maka ketika dibakar pun hasilnya akan seperti ketika kita membakar plastik, bahan poltyester akan meleleh dan setelah itu menggumpal dan mengeras, benar-benar persis seperti Anda membakar sedotan atau plastik.

2. Diraba

Meraba adalah cara paling mudah untuk membedakan polyester dan cotton, karena saat diraba Anda bisa rasakan sendiri kalau bahan Combed jauh lebih lembut dibandingkan dengan bahan Polyester karena sebenarnya bahan Polyester itu bukan lembut melainkan licin.

3. Akan Terasa saat kaosnya dikenakan

Saat Anda kenakan kaosnya, pasti akan terasa perbedaanya di kulit.Ketika Anda menggunakan kaos dengan bahan Combed, kaos tersebut akan memberikan kenyamanan saat digunakan dan terasa lebih dingin dan adem ketika digunakan saat beraktifitas di siang hari dan yang paling penting kaos dengan bahan Combed mampu menyerap keringat dengan baik.

Rasanya akan sangat berbeda ketika Anda menggunakan kaos dengan bahan Polyester, bahan ini sangat kurang nyaman digunakan saat beraktifitas karena bahannya yang cenderung panas dan sama sekali tidak bisa menyerap keringat apalagi jika Anda beraktifitas di bawah terik matahari, karena seperti kita tau bahan polyester dibuat dari 100% serat sintetis berupa biji plastik.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengetahui apakah bahan tersebut Combed atau Polyester, semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/cara-membedakan-bahan-combed-bahan-polyester/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *