Bahan Cotton Combed

Gambar: typesoffabric.com

Saat ini bahan yang menjadi standar industri pembuatan kaos terutama bahan kaos distro adalah cotton combed. Cotton Combed merupakan jenis bahan kaos yang sangat halus yang melalui proses pembuatanya diproses secara khusus sebelum diputar oleh mesin pemintal.

Cotton Combed memiliki benang yang lebih rata dan tidak berbiji karena pada proses pembuatannya melalui proses combing atau di sisir pada mesin combing yang menghasilkan kain kaos yang lebih baik dibandingkan dengan cotton carded yang merupakan varian lain dari cotton dengan sedikit perbedaan namun dengan harga yang lebih murah.

Bahan kaos distro katun combed di buat dari 100% serat kapas murni. Bahan katun combed mempunyai karakter yang halus, lembut, adem, nyaman saat digunakan, serta mampu menyerap keringat dengan baik. Pastinya dengan karakteristik seperti ini membuat katun combed begitu pas dipakai pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Umumnya terdapat 4 varian bahan katun combed yang tersedia di pasaran, yaitu combed 20s, 24s 30s serta 40s. Hal yang membedakan dari ketiga kain Combed tersebut yaitu tingkat ketebalannya. Kain Combed 20s adalah yang paling tebal sementara 40s paling tipis. Berikut detai gramasinya.

  • Cotton Combed 20s Memiliki Gramasi (190-200 gsm).
  • Cotton Combed 24s Memiliki Gramasi (175-185 gsm).
  • Cotton Combed 30s Memiliki Gramasi (140-150 gsm).
  • Cotton Combed 40s Memiliki Gramasi (110-120 gsm).

Bahan katun Combed yang biasa digunakan sebagai bahan kaos distro adalah bahan katun Combed 30s, mengapa Combed 30s? Karena bahan ini adalah bahan yang paling cocok dari segi ketebalan dan harga. Bahan katun Combed 30s Banyak dipilih oleh para customer dan paling nyaman untuk bahan kaos distro. Jadi tidak heran jika kebanyakan distro menggunakan Combed 30s sebagai bahan baku untuk kaos produksi mereka.

 

Sumber: https://knitto.co.id/blog/bahan-cotton-combed/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *